Tanpa Format Ternyata bisa Upgrade Windows 7 ke windows 8.1

Kamis, 10 Okt 2013

Minggu-minggu ini saya menyibukkan diri menghidupkan kembali komputer lama bekas warnet. Dari pada dibiarkan nganggur dirumah mau dijual sayang, akhirnya diotak-atik dijadikan bahan percobaan. Setelah dibersihkan dicoba masih bisa nyala ternyata dan OS didalamnya adalah OS windows xp service pack 3. Karena ingin tampak baru akhirnya saya menginstal windows 7 awalnya. Setelah update driver selesai di coba untuk membuat dokumen dan lain-lain, rasanya kurang puas. 

Bertepatan dengan itu di kampus sedang ramai membuat installasi windows 8 di flashdisk, untuk latihan installasi laptop yang kemarin dibagikan kepada mahasiswa baru. Di kampus kami selain dapat flashdisk berisi windows 8 juga dapat laptop. Sehingga mahasiswa kuliah langsung dengan dibekali laptop. Kebetulan seorang teman yang suka otak-atik komputer memberi saya windows 8.1 yang masih preview. Karena saya ingin tahu juga kelebihan windows 8.1 akhirnya saya copy.

Dirumah langsung diinstall windows 8.1 namun caranya tidak intallasi ulang windows yang ada dalam pc. Tapi upgrade windows 7 saya menjadi 8.1 caranya sangat mudah. Sebelumnya saya backup dulu driver windows 7 dengan slimDrivers. Kemudian run .iso dengan software yang anda suka boleh menggunakan winrar, daemon atau yang lain. Saya menggunakan daemon
  1. Pilih setup. 
  2. Pilih keep windows settings, personal files and applications, namun bila pilihan ini tidak ada alternatifnya pilih keep personal files only 
  3. Setelah itu masukan key. Untuk window 8.1 dapat dilihat di http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/preview-iso
  4. Setelah itu windows akan melakukan pengecekan kompatibel atau tidaknya aplikasi windows 7 di windows 8.
  5. Tinggal next sampai kita mengisi password user account yang pernah kita buat di windows 7. 
  6. Setelah selesai bila ada driver yang tidak terdeteksi, silahkan restore driver yang sudah anda backup.
Di windows 8.1 ini tampilan dan menunya hampir sama dengan windows 8 professional namun ada tambahan watermark windows 8.1 pro Preview dibagian pojok bawah kanan. Bila anda ingin menghapusnya silahkan upgrade ke versi windows 8.1 atau sekalian ke windows 10.

logoblog

1 komentar:

  1. Mau tanya gan mengisi password user account yang pernah kita buat di windows 7, saya beli laptop bekas dan saya tidak tau password user account yang pernah dibuat, saya bisa melihat nya dimana ya??

    BalasHapus