Mengetahui Waktu Windows

17 Juni 2014

Mulai tahun 2014 ini saya berusaha untuk tidak menggunakan produk bajakan. Sedapat mungkin saya berusaha menghindari crack. Termasuk sistem operasi. Sebenarnya saya sudah menggunakan dual OS sejak lama. Bisa anda tebak, ya saya menggunakan windows dan linux dalam satu laptop. Sedapat mungkin saya tidak menggunakan produk bajakan dalam windows. Dan saya berusaha mengoptimalkan penggunaan Linux. Namun, berhubung ada yang belum dapat digantikan linux, maka windows tetap saya pertahankan. Meski sekuat tenaga tidak crack tetap saja ada aplikasi yang harus tetap saya install dan saya crack. Karena saya pakai untuk mengajar.

Menurut pendapat saya Bos Windows itu OS yang baik hati. Sudah tahu banyak di-crack, serial numbernya di sebar-sebar tapi tetep saja mau nyumbang Milyaran rupiah ke Indonesia. Terserah anda bila berpendapat lain. Itulah kenyataan yang saya tahu. 

Saat ini saya menggunakan windows 8.1 enterprise yang lisensi trialnya sudah habis. Jadi setiap 1 jam shutdown. Tidak terlalu masalah buat saya sekalian sebagai stopwatch dalam bekerja. Namun, ada hal yang harus saya perhatikan. Yaitu pada saat akan shutdown seharusnya saya sudah menyimpan apa yang saya kerjakan. Nah, dari masalah tersebut maka munculah ide menulis artikel ini. 

Kapan saya harus menyimpan pekerjaan ?

  • Saat windows 8.1 enterprise yang lisensinya habis akan shutdown dalam waktu 1 jam dihitung sejak booting.

Bagaimana saya tahu berapa lama windows berjalan mulai dari awal booting?

  • Dari waktu windows (UP Time)


Waktu windows yang saya maksud bukan waktu yang dapat kita temui di pojok kanan taskbar windows. Waktu yang saya maksud adalah waktu seberapa lama windows bekerja sejak awal booting. Cara mengetahuinya cukup mudah yaitu masuk dalam TaskManager (Ctrl + Alt + Del) > Performance lalu baca bagian Up Time.
waktu windows bekerja mulai dari booting
Waktu Windows nyala mulai dari start (booting)

Nah, berhubung sedang membahas waktu windows, maka bila kita ingin tahu sejak kapan windows terinstal di komputer kita maka caranya Masuk ke Command Prompt ketik systeminfo
di bagian Original Install Date, tertera kapan kita menginstal windows.
hari windows diinstall
Tanggal Windows Terinstall melalui Systeminfo




Tidak ada komentar: