Packing Software untuk Installer dengan MySQL minimal

5 Mei 2013

Assalamu'alaikum

Setelah lama bermain-main dengan database, baru kali ini saya memikirkan bagaimana cara merampingkan ukuran database dengan mengurangi file-file yang tidak diperlukan dan hanya file yang perlu saja. Asal database MySQL bisa berjalan lancar tanpa mengurangi performa namun dengan ukuran sekecil-kecilnya. Ternyata setelah beberapa kali dicoba ternyata yang diperlukan MySQL agar bisa tetep jalan adalah
  • folder bin dengan yang terpenting file mysqld.exe
  • folder share
  • folder data
  • file my.ini /my.cfg

Setelah dicoba ternyata hasilnya berjalan lancar walaupun dengan pengubahan setting port, ternyata tidak jadi masalah.Yang saya herankan ukurannya ternyata tetap lumayan besar. Bila kita memaksa packing tanpa kompresi hasilnya bisa lebih dari 70 Mb.
packing software

Padahal saya ingim packing dengan software yang saya bangun dengan java. Untuk itu saya sudah compile menjadi .jar dan ukurannya memang kecil tetapi ketika ditambah lib nya jadinya jadi lumayan besar belum lagi bila dipacking dengan JRE. Sebenarnya JRE optional untuk pengguna dan saya buat begitu, namun tetap ingin saya sertakan dalam bundling program. Akhirnya setelah jadi installer di compress menggunakan UPX. Walaupun tidak signifikan namun, cukup membantu untuk menjadikan file optimal untuk dapat di download.

Wassalamu'alaikum


Tidak ada komentar: