Editor Audio Windows-Linux

2 Mei 2013

Assalamu'alaikum

Kemarin saya coba-coba editor audio yang gratis. Setelah cari-cari yang support windows dan di linux juga ada ternyata ketemu salah satunya Audacity. Setelah di download saya ingin menjadikan bahan ajar untuk contoh editor Audio matakuliah multimedia. Saat saya uji coba, penggunaanya sangat sederhana kita tinggal import lalu boleh mau diapain itu audionya.

Yang agak unik sewaktu mau memotong dan menghapus sebagian. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan saya blok delete tidak bisa. Setelah baca-baca tutorialnya atau helpnya ternyata tidak ada yang harus saya lakukan secara khusus dan seharusnya bisa. Tapi tetap setelah saya coba tidak bisa. Akhirnya saya tahu penyebab ketidak bisaan itu adalah posisisnya masih pause jadi proses delete cut edit tidak dapat dilakukan. Audio harus dalam keadaan stop baru bisa diapa-apain.

Setelah tahu begitu saya coba, edit hapus cut ternyata berjalan lancar. Menggabung dengan suara lain juga bisa ditambah dengan efek yang ada dalam bawaan program juga bisa. Setelah semua oke tinggal di simpan hasil editan kita. Namun, ternyata timbul masalah lagi. Untuk disimpan dalam format .mp3 Audacity memerlukan dll mp3 tepatnya lame_enc.dll.

Tapi untuk menemukan file ini tidaklah terlalu sulit. Googling sebentar sudah ketemu, bahkan link dari audacity juga memberitahu. Setelah anda download ditaruh dimana saja tidak apa-apa asal anda tidak lupa posisinya. Kalau saya saya tempatkan di c:\windows\system32\. Setelah mengarahkan Audacity ke folder posisi dll ini akhirnya mp3 dapat dibuat dengan lancar. Setelah diuji-coba ternyata lumayan juga hasilnya.

Wassalam

Tidak ada komentar: