Menggunakan Chrome Mode Windows 8 Metro

23 April 2014

Kemarin mendapat request untuk pembuatan website, setelah proses request maka tugas saya adalah menganalisa kebutuhan. Setelah analisa maka saya membuat penawaran. Dalam proses pembuatan penawaran, saya menggunakan microsoft office 2013 yang mempunyai kehandalan tak tergantikan. Namun ditengah proses pengetikan ternyata stuck. Microsoft office 2013 ternyata terkunci (locked) secara otomatis.

Setelah dicari penyebabnya ternyata microsoft office saya habis masa trialnya. Karena tidak ingin mengcrack, maka saya mencari alternatif. Pilihan saya dari beberapa alternatif yang ada adalah google doc offline. Alasan saya menggunakan google doc adalah:

  1. Gratis
  2. Kemampuan tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office 2013 walaupun lebih sederhana
  3. Pada saat digunakan baik membuat baru documen ataupun mengedit tidak banyak berbeda dari hasil pembuatan maupun edit dari microsoft Office 2013

Setelah saya install dan saya selesai menggunakan, saya mulai usil mencoba-coba fitur google chrome. Di salah satu pilihan google chrome ada pilihan yaitu menggunakan chrome mode windows 8. Karena penasaran  dan saya menggunakan windows 8.1 enterprise maka saya coba. Dan ternyata membuat google chrome saya eror (tidak merespon) ketika saya klik shortcutnya. Beberapa saat membuat saya bingung dan tidak tahu berbuat apa. Saya berencana menginstall ulang google chrome ini. Namun setelah cari sana-sini ketemunya setting registry di bagian:

HKEY_CURRENT_USER > Software > Google > Chrome > Metro 
klik dua kali maka anda akan menjumpai value data terisi dengan angka 1. Ubah dengan angka 0. Tutup regedit dan restart chrome.


Apabila anda ingin mengembalikan ke tampilan metro lagi, kembalikan menjadi angka 1.

Tidak ada komentar: