Pada saat ini banyak sekali blog ataupun website yang memberikan fasilitas berlangganan gratis. Fasilitas ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk mendapatkan update artikel terbaru dari sebuah blog ataupun web yang diikuti. Fasilitas ini juga membuka peluang pemilik blog atau website untuk lebih dekat dengan para pelanggannya.
Namun, banyak pengunjung blog yang tidak begitu paham dengan fasilitas ini. Demikian pula dengan pemilik blog atau website. Mereka sama-sama tidak tahu bahkan tidak terlalu perduli dengan fasilitas ini. Padahal dengan adanya layanan ini pengguna sebagai pengunjung blog tidak perlu harus banyak membookmark alamat web atau blog. Cukup berlangganan dan dapat mengecek artikel terbaru melalui email yang dikirim oleh feedburner yang diikuti.
Pemilik blog ataupun web, juga demikian halnya. Mereka tidak mengelola fasilitas ini dengan optimal. Hal ini sebagaimana yang saya alami selama ini. Mereka baru memperhatikan ketika ada keinginan untuk memberikan suatu promo produk tertentu kepada pengguna. Padahal siapa saja penggunanya, pemilik web atau blog tidak tahu pasti berapa dan siapa saja mereka.
Cara berlangganan suatu blog atau website melalui email adalah dengan mengisi alamat email yang ada di formulir feedburner.
Kemudian setelah itu sistem feedburner akan mengirim email konfirmasi ke alamat yang telah diisikan.
Kemudian setelah pengguna mengisi konfirmasi, pengguna akan segera dapat update berita terbaru. Tanpa harus selalu mengunjungi blog atau website.
Kemudian pemilik website ataupun blog dapat mengecek jumlah pelanggan dan mengunduh data pengguna yang telah berlangganan melalui alamat feedburner.google.com
Untuk melihat data pelanggan melalui email dapat dilakukan dengan klik pada posisi tab publicize dan email subscription
Menu Publice dan email Subscription Feedburner |
Kemudian untuk mengunduh data dapat melalui menu view subsriber details dan download csv yang bisa diolah kembali melalui excell
Tempat download data pelanggan blog atau website |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar