Mengatasi PHPMyadmin Minta Password dan Warning Parameter must be an array or an object

Rabu, 28 Jul 2021

Hari ini saya utak-atik linux lagi. Lama tidak buka Linux dan ternyata ketika saya buka, Linux saya mengirim notif minta update. Kemudian saya update paket dengan perintah apt get-update tapi sayangnya malah eror.

Setelah coba diusut ternyata saya menggunakan kernel paling baru, yang ternyata malah tidak didukung untuk update aplikasinya.

Sebenarnya tujuan saya buka Linux untuk saat ini adalah mencoba ingin menggunakan PHP 7 untuk wordpress di linux. Sebelum update kernel sebenarnya dulu sudah install PHP 7. Tapi versi yang saya install adalah 7.2 sedangkan wordpress minimal membutuhkan php 7.3. Oleh sebab itu saya mencoba menginstall php lebih baru.

Tapi sebenarnya alternatifnya saya dapat menggunakan wordpress versi yang lebih lama saja. Dengan memanfaatkan php yang sudah ada. Tapi masalah utamanya belum selesai karena proses update paket Linux saya tidak dapat dijalankan.

Akhirnya saya kembalikan kernel ke versi aslinya dulu, caranya dapat anda baca di Cara Gonta-Ganti Kernel dengan Mudah

Cara Mengatasi Login Without Password is Forbidden

Kemudian setelah berhasil mengembalikan kernel, saya perlu mengupdate paket yang telah saya install. Setelah itu saya perlu menginstall PhpMyadmin untuk mempermudah proses installasi wordpress, walaupun sebenarnya dapat memanfaatkan mysql via cli. 

Tapi saya pikir lebih enak pake GUI saja dengan PhpMyadmin.

Login Tanpa Password di PHPMyadmin


Setelah saya menginstall PhPMyadmin timbul masalah yaitu pada saat login. Muncul pesan:

Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword).

Iya benar, saya memang tidak membuat password di Mysql. Memang sengaja tidak saya buat agar lebih memudahkan saya keluar masuk database di komputer saya sendiri. 

Agar tetap bisa tanpa password dan bisa menjalankan PhpMyAdmin, maka saya perlu mengatifkan fitur AllowNoPassword.

Cara Mengaktifkan Fitur AllowNoPassword di linux varian Ubuntu adalah sebagai berikut. 

  1. Silahkan buka Cli
  2. ketik sudo gedit /etc/phpmyadmin/config.inc.php
  3. Silahkan cari baris

//$cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = TRUE;

Hapus saja skrip komen atau simbul "//" didepan variabel baris tersebut. Dengan demikian maka PhpMyAdmin akan dapat digunakan tanpa harus mengisi password seperti yang anda gunakan di MySQL. Dengan catatan user root pada database MySQL juga tidak menggunakan password.

Setelah itu simpan dan tutup file. Silahkan uji coba, bila masalah masih tetap belum hilang maka silahkan cari lagi baris yang seperti ditunjukkan diatas. 

Seperti punya saya ternyata ada dua baris yang sama persis memiliki kode seperti diatas. Setelah dua-duanya dihapus garis duanya maka proses login ke dalam PhpMyadmin berjalan lancar.

Setelah dapat masuk dalam PhpMyadmin seperti biasa saya mencoba untuk melihat tabel-tabel yang tersusun dalam database. Saya coba untuk mengetahui isinya dengan cara klik saja maka akan tampil data dalam tabel di tab browse.

Cara Mengatasi Parameter must be an array or an object

Namun, ternyata pada PhpMyadmin muncul pesan Warning yaitu:

Warning in ./libraries/sql.lib.php#691 count(): Parameter must be an array or an object

.. dan seterusnya. 

Sebenarnya pesan ini merupakan peringatan saja. Tapi masalahnya mengganggu kenyamanan. Maka agar tidak muncul lagi saya menggunakan cara yaitu:

Silakan buka Cli, kemudian ketik perintah:

sudo sed -i "s/|\s*\((count(\$analyzed_sql_results\['select_expr'\]\)/| (\1)/g" /usr/share/phpmyadmin/libraries/sql.lib.php

Kemudian tekan tombol enter, setelah itu uji coba PhpMyadmin lagi untuk melihat data dalam tabel. Masalah Warning sudah hilang.

Setelah semua lancar saya dapat memulai menggunakan Linux seperti biasa. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar