Status CodeIgniter Sekarang

8 Agustus 2016

Sekarang code igniter sudah mencapai versi ke 3.1.0. Codeigniter versi terbaru memiliki  paket yang lebih ringkas dari pada versi pendahulunya. Versi terbaru memiliki ukuran paket file 2 Mb dan sudah termasuk user guidenya. Ukuran yang ideal untuk framework php dengan segala kelebihannya termasuk kecepatannya yang stabil. 

Baik versi 2.x.x maupun sampai versi 3.10 ini, CodeIgniter support dengan HMVC. Dan sudah saya coba dengan migrasi versi CodeIgniter menggunakan HMVC hasilnya mulus tanpa rintangan yang berarti. Ada perbedaan sedikit dengan codeigniter versi 2.xx namun pada tulisan kali ini tidak membahas perbedaan tersebut. Kali ini tentang status codeigniter. Setelah Ellislab mengumumkan melepas CodeIgniter untuk berganti pemilik ada sedikit rasa was-was bagi pengembang sofware yang terlanjur jatuh cinta pada codeigniter.

CodeIgniter sekarang telah dimiliki oleh British Columbia Institute of Technology dan hasilnya CodeIgniter masih dikembangkan. Mungkin ada yang belum tahu bila CodeIgniter sebenarnya beberapa kali berganti tipe lisensi. Yaitu pertama tipe OSL Open Software License yang menimbulkan kontroversi berbagai kalangan komunitas pengembang. Kemudian berganti GPL lalu sekarang berlisensi MIT.
codeigniter

Lalu Apa Bedanya lisensi-lisensi Tersebut?
GPL
pengguna boleh menggunakan untuk tujuan komersil, memodifikasi dan menggunakan paten tanpa harus mendistribusi ulang hasil yang dibuat dengan software lisensi ini. Namun penguna harus menyertakan library asli tidak seluruhnya, menyertakan lisensi si pembuat, serta menyertakan apa saja yang sudah dimodifikasi. Namun pengguna tidak boleh menuntut pembuat bila ada kekurangan ataupun kesalahan. Perlu diketahui bila menggunakan lisensi GPL maka pengguna boleh memodifikasi dan menjualnya.

MIT 
pada lisensi ini pengguna dapat melakukan apapun pada kode program. Namun pada lisensi ini pengguna diwajibkan mencantumkan lisensi dan copyright pembuat. Pada lisensi ini pengguna juga tidak boleh menuntut apabila ada kekurangan maupun kesalahan. Pada lisensi ini kita boleh memodifikasi sehingga menjadi aplikasi tertutup misalkan dengan melakukan enkripsi pada bagian tertentu. Yang tetap terbuka adalah core intinya.

Jadi dengan CodeIgniter anda dapat membuat perangkat lunak yang dapat anda proteksi sourcecodenya dengan pengamanan milik anda Sendiri. Jadi CodeIgniter mendukung untuk pembuatan aplikasi yang dapat dijual lagi tanpa membuka seluruh kode yang telah dibuat. 
Berikut ini ringkasan tabel lisensi dan  jenis penggunaanya:
code igniter


Tidak ada komentar: