Pemrograman Web Menampilkan Ranking di MySQL

Kamis, 16 Mei 2019

Pemrograman Web pada umumnya erat hubungannya dengan pemrograman database. Database yang saat ini sering digunakan para programmer web di Indonesia adalah MySQL. Bila bicara mengenai database tentunya ada banyak kasus yang seringkali membuat kepala pening saat menyusun perintah SQL (Structure Query Language). Tidak hanya untuk kasus pada data yang rumit, terkadang untuk hal yang sederhana saja bisa membutuhkan konsentrasi lebih. Contoh kasus yang seringkali muncul saat dibutuhkan dalam rekapitulasi atau laporan yaitu mengenai rangking atau peringkat.

Bila saat ini anda sedang memiliki masalah yang sama, maka jangan khawatir anda dapat menggunakan perintah yang sama seperti perintah SQL yang akan kami paparkan untuk menampilkan rangking di artikel ini. Maka dari itu silahkan baca hingga selesai kemudian praktekkan.

Rangking pada umumnya didapatkan dari perbandingan skor. Semakin tinggi skor yang didapatkan maka rangking semakin kecil. Sedangkan semakin kecil angka rangking semakin bagus. Misalkan seperti pada kasus tabel nilai berikut:

Tabel Nilai
Pemrograman Web Menampilkan Rangking di MySQL

Maka perintah SQL untuk menampilkan rangking dari skor masing-masing siswa diatas adalah sebagai berikut:

SELECT *,FIND_IN_SET( skor, ( 
SELECT GROUP_CONCAT( skor
ORDER BY skor DESC )
FROM nilai )
) AS ranking FROM `nilai`

Maka didapatkan hasil rangking sebagai berikut:
Pemrograman Web Menampilkan Rangking di MySQL
Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar