Cara Mudah Menginstall atau Menambah Font di Linux

Sabtu, 18 Mei 2019

Font di sistem operasi Linux sudah tersedia banyak sekali. Font tersebut disertakan langsung pada saat proses installasi sistem operasi linux. Pada umumnya font di linux memiliki banyak bentuk yang mirip dengan font yang disertakan pada sistem operasi windows. Untuk memanfaatkan font tersebut caranya cukup sederhana, anda bisa memilih salah satu atau beberapa jenis font guna memperjelas dan memperindah file dokumen anda. 

Suatu font yang digunakan pada suatu text dokumen pada umumnya dapat di subtitusi bila tidak ditemukan di sistem operasi lainnya. Maka jangan heran apabila anda mengetik dokumen di linux tampilnya jadi berbeda saat dibuka di windows dan begitu pula sebaliknya. Font di sistem operasi linux memang sudah banyak variasinya tetapi terkadang anda tetap membutuhkan font yang sama dengan bawaan di sistem operasi windows atau macOS. Bila anda tidak puas dengan font yang disertakan pada sistem operasi linux tersebut, maka anda bisa menambahkannya. 

Cara Menginstall atau Menambahkan Font di Linux

Sebelum dapat menggunakan font tambahan di linux maka anda perlu menginstallnya dahulu. Caranya hampir mirip dengan cara menambahkan font di windows. Agar lebih jelas maka kami menuliskan langkah-langkahnya. Berikut ini langkah untuk menginstal atau menambahkan font di linux;

Siapkan Font 

Anda perlu mempersiapkan dulu font yang akan diinstall. Anda bisa mendapatkan font dengan mendownload di beberapa situs khusus yang menyediakan berbagai pilihan font dengan gratis ataupun berbayar. Pastikan font yang akan anda gunakan berekstensi TTF (TrueType Fonts) atau OTF (OpenType Fonts). Ada kalanya font yang didownload dari situs penyedia font dipaket dalam file zip atau rar. Oleh sebab itu silahkan extrak dahulu dan periksa ekstensi masing-masing font tersebut. Didalam file zip biasanya disertakan variasi font, seperti bold, italics, dan normal. Setelah font yang ingin anda gunakan sudah siap silahkan lanjut ke poin berikutnya.
Cara Menginstall atau Menambah Font di Linux

Siapkan Aplikasi Font Viewer

Bila linux anda belum tersedia aplikasi font viewer silahkan download dahulu menggunakan software manager atau synaptic package manager. 
Cara Menginstall atau Menambah Font di Linux

Cara Menginstall atau Menambah Font di Linux


Install Font dengan Genome Font Viewer

Silahkan buka file font yang sudah anda siapkan dengan aplikasi Genome Font Viewer. Caranya dengan klik kanan kemudian open with Font Viewer. Bila font anda sudah terbuka di aplikasi font viewer, maka anda dapat menginstallnya dengan menekan tombol install di bagian atas sebelah kanan. Tunggu sebentar proses installasinya. 

Cara Menginstall atau Menambah Font di Linux


Bila tulisan install di font viewer sudah berubah menjadi installed maka anda sudah dapat menggunakan font yang baru saja anda install.

Cara Menginstall atau Menambah Font di Linux


Begitulah tadi cara menginstall atau menambah font di sistem operasi linux. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar