Tutorial PHP MySQl - Jangan Gunakan Fungsi Mysql**

Kamis, 12 Sep 2019

Perkembangan internet sekarang ini terbukti mampu merubah budaya masyarakat. Cara membeli barang, cara mengurus perijinan, dan lain sebagainya sebagian besar sudah online menggunakan website. Kemudahan ini mendorong masyarakat paham tentang kekuatan internet dengan website sebagai interfacenya. 

Berdasarkan fakta tersebut maka tidak heran apabila banyak sekolah atau kampus di negara ini yang kemudian mengajarkan pelajaran programing web. Hal ini dilakukan demi membekali anak didiknya agar mampu menjadi salah satu pelaku didalam dunia teknologi mendatang. Dengan demikian Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.

Dalam pembuatan website, pada umumnya Sekolah atau kampus sudah mengajarkan pembuatan website dinamis. Website dinamis selalu dianalogikan untuk bergandengan dengan database. Bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk membuat web dinamis adalah PHP dengan database Mysql. 

Saat ini masih banyak sekolah yang mengajarkan penggunaan fungsi mysql_ pada saat pembuatan website. Sedangkan menurut para ahli di dunia industri TI saat ini seharusnya fungsi tersebut dihindari. Sebenarnya apa alasan kita perlu menghidari penggunaan fungsi mysql tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ketahui dulu apa itu fungsi mysql_ yang dimaksud?
Fungsi mysql_ adalah suatu fungsi di PHP yang biasa dimanfaatkan untuk menjalankan instruksi ke database MySQL. Beberapa contoh fungsi mysql_ yang sering digunakan antara lain:
  1. mysql_query()
  2. mysql_connect()
  3. mysql_real_escape_string()
  4. ... dan lain sebagainya


Tutorial PHP MySQl - Jangan Gunakan Fungsi Mysql

Alasan Mengapa Perlu Menghindari Penggunaan Fungsi Mysql_

Ada beberapa alasan yang telah kami rangkum dari sumber stackoverflow, antara lain yaitu:
  1. Fungsi tersebut sekarang sudah tidak dikembangkan lagi
  2. Secara resmi tidak digunakan sejak PHP 5.5 yang dirilis pada Juni 2013 hingga sekarang ini sudah tidak lagi digunakan pada PHP 7 yang dirilis pada Desember 2015.
  3. Kurang cocok digunakan dengan pemrograman berorientasi Objeck
  4. Tidak cocok (tidak support) pada beberapa hal berikut:
  • Query asynchronous
  • Prepared statement yang biasa digunakan pada PDO atau query parameter yang biasa digunakan pada Mysqli
  • Store Procedure
  • Multi Statemen
  • Transaksional (transactions)
  • Metode baru password autentikasi yang sudah diaktifkan sejak Mysql 5.6 dan digunakan di 5.7
  • Fungsi Mysql terbaru dimulai sejak versi 5.1

Berdasarkan banyaknya kekurangan tersebut, maka sebaiknya penggunaan fungsi mysql_ dihindari. Bila anda masih ingin menggunakan fungsi tersebut, maka anda perlu menyesuaikan dengan versi PHP maksimal versi 5 dengan segala keterbatasannya. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar