Menampilkan format tanggal MySQL ke format yang kita inginkan di PHP

Jumat, 6 Sep 2019

Anda tentu pernah menyimpan data bertipe date atau date time didatabase. Setiap transaksi penting, biasanya harus direkam salah satunya adalah waktu kapan transaksi tersebut terjadi. Oleh karena itu biasanya programmer menggunakan tipe data yang dapat menampung tanggal dan seringkali juga beserta waktunya.

Untuk merekam atau menyimpan tanggal bisa ditambahkan menggunakan input type='date' di formulir. Atau bisa juga langsung secara otomatis di isi saat transaksi dengan fungsi sql. Untuk database MySQL kita bisa memanfaatkan fungsi curdate() untuk menyimpan tanggal. Atau bisa juga dengan now() untuk menyimpan tanggal saat ini beserta waktunya. Selain merekam tanggal menggunakan perintah SQL secara langsung, bisa juga menggunakan fungsi php yaitu date('Y-m-d'). 
Mengubah format tanggal MySQL ke format yang kita inginkan di PHP

Namun, untuk menampilkan kembali tanggal yang sudah tersimpan di database, Biasanya format yang dihasilkan adalah format YYYY-mm-dd. Sedangkan kita orang Indonesia biasanya membaca tanggal dengan format dd-mm-YYYY. Oleh sebab itu kita perlu sedikit memodifikasi dengan cara berikut:
Misalkan di database tanggal yang disimpan :
2019-08-28 08:30:44

Setelah di query tampilan agar lebih familiar misalkan ingin menjadi dd/mm/YY, maka perintah PHP nya adalah:
$tanggal = "2019-08-28 08:30:44";
echo date('d/m/Y',strtotime($tanggal));

sehingga hasilnya menjadi:
28/08/2019

Untuk mengubah bentuk yang lain anda tinggal mengubah bagian 'd/m/Y' sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan ditambah dengan jam dan menit sehingga menjadi:
echo date('d/m/Y h:i',strtotime($tanggal));

Demikianlah cara untuk merubah format tanggal yang ingin ditampilkan di PHP. Perintah ini sudah diuji coba di PHP 5 dan PHP 7 dan tidak ada kendala. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar