Buat Aplikasi di Linux Jadi Mudah dengan Extensi AppImage

Sabtu, 18 Jul 2020

Bila kita ingin menambah aplikasi di windows maka, anda cukup mendownload installer aplikasi itu dengan file extensi .exe, atau .msi. Tapi windows memang tidak seperti sistem operasi linux  yang memiliki banyak varian. Masing-masing varian linux memiliki cara menambah aplikasi baru yang berbeda. Tentu anda sudah tahu bahwa bila ingin menambah aplikasi untuk ubuntu dan turunan debian umumnya menggunakan paket .deb. Berbeda dengan open suse, redhat dan lainnya yang menggunakan extensi berbeda-beda seperti bin,rpm,sh,tar dan lainnya.

Bila anda adalah seorang pengembang (Software Developer) tentu ribet sekali bila ingin aplikasi anda dapat digunakan pada semua varian. Anda harus menyiapkan installer dengan berbagai extensi. Untungnya, saat ini ada extensi .AppImage. Pertanyaanya apa itu dan bagaimana caranya mengistall aplikasi dalam format tersebut di linux?

Kenalan dengan AppImage

AppImage merupakan extensi yang membantu aplikasi bisa diinstall pada semua jenis varian sistem operasi Linux. Sehingga pengembang tidak perlu lagi repot-repot membuat aplikasi dalam extensi berbeda-beda menyesuaikan jenis varian linux. Anda cukup membuat aplikasi anda tersedia dalam extensi .AppImage maka semua varian Linux bisa mengeksekusinya.

Mungkin saat ini dalam otak anda sudah bilang "Ooh begitu!". Eitz tunggu dulu kelebihan .AppImage tidak cukup disitu saja ada beberapa kelebihan lain yang bisa mendorong anda untuk segera membuat aplikasi anda dalam extensi ini. 

Kelebihan AppImage 

a. Tidak Harus Diinstall

Sebagaimana file exe di Windows, tidak semua aplikasi harus diinstall atau disebut (portable). Nah aplikasi dengan extensi. AppImage bisa langsung diexsekusi tanpa perlu melewati proses installasi.

b. Mudah di Gunakan

Bila anda pengguna linux tentu tahu kalau proses installasi suatu aplikasi mesti melewati command line ataupun lewat package manager. Misalkan anda ingin menginstall inkscape maka anda perlu buka terminal terus mengetikkan perintah

sudo apt install inkscape

Maka tidak heran banyak orang yang merasa ribet. Tapi masalah itu tidak terjadi dengan extensi AppImage. Anda hanya perlu melakukan langkah berikut:
  1. Klik kanan pada aplikasi *.AppImage > Properties > Permission aktifkan centang pada allow executing kemudian close.
  2. Klik dua kali pada file aplikasi itu lagi
  3. Proses sudah berjalan
ilustrasi mengubah AppImage menjadi execute

Tapi bila anda masih suka mengetik di terminal juga bisa yaitu dengan perintah seperti:
$ chmod a+x inkscape.AppImage
kemudian disusul
$./inkscape.AppImage

c. Bebas Syarat

Bila ada yang berpendapat lho kalau gak perlu diinstall kan cukup pakai java. Tapi argumen tersebut bisa dipatahkan dengan java kan butuh JRE untuk running maka perlu mengistall dulu JRE. Begitu juga ada yang bilang sama dengan Snappy, Flatpax ataupun Alldeb. Semua program tersebut masih butuh mengistall paket program tertentu baru bisa menjalankan program yang anda butuhkan.

Sedangkan pada AppImage anda tidak perlu menginstall aplikasi lain agar bisa berjalan. Cukup dengan sebuah aplikasi dengan ekstensi .AppImage maka anda sudah dapat menjalankan aplikasi yang anda butuhkan. Bahkan hebatnya lagi anda tidak perlu mengubah hak akses menjadi root. Sehingga dengan extensi ini anda tidak perlu repot lagi.


Cara membuat .AppImage

Ada beberapa pilihan cara membuat .AppImage diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Konversi paket biner yang ada, atau
  2. Bundel build Travis CI Anda sebagai AppImages, atau
  3. Jalankan linuxdeployqt pada aplikasi Qt Anda, atau
  4. Gunakan pembangun elektron, atau
  5. Tulis milikmu sendiri
Keterangan lebih lanjut dapat anda baca melalui link berikut
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar