Cara Mendeteksi Elemen Tersembunyi dengan JQuery

Selasa, 25 Agu 2020

 Jquery merupakan library JavaScript yang hingga saat ini masih banyak dipakai oleh para programmer dalam berbagai aplikasi dan website. Meskipun sekarang ini sudah banyak framework JavaScript yang terus bermunculan, tetapi Jquery tetap banyak penggunanya. Bahkan meskipun sudah menggunakan framework tetap saja banyak programmer yang tetap menggunakan Jquery untuk menggunakan fungsi tertentu.

Cara Mendeteksi Elemen Tersembunyi dengan JQuery


Salah satu fungsi Jquery yang sering digunakan adalah untuk mendeteksi status elemen HTML. Status yang saya maksud adalah status suatu elemen tersebut sedang disembunyikan atau sedang ditampilkan. Bila anda membutuhkan cara menyembunyikan elemen dengan CSS, anda bisa membacanya di artikel Cara menyembunyikan Elemen HTML dengan CSS.

Sedangkan untuk mendeteksi status elemen tersembunyi atau tidak, anda bisa memanfaatkan JQuery seperti berikut:

$(element).is(":visible");

// Atau bisa juga mendeteksi status hidden seperti berikut

$(element).is(":hidden");

elemen didalam kurung diatas tinggal disesuaikan apakah menggunakan class atau id bila class tinggal mengganti dengan ".nama_class" menjadi :

$(".nama_elemen").is(":visible"); 

//atau bila menggunakan id menjadi

$("#nama_elemen").is(":hidden");

Bila statusnya sedang tampil fungsi diatas akan mengembalikan nilai true, dan sebaliknya bila tidak tersembunyi akan menghasilkan nilai false. Tetapi berbeda dengan fungsi yang dibawah bila statusnya sedang tersembunyi maka akan menghasilkan nilai true dan sebaliknay bila sedang tampil menghasilkan nilai false. 

Bila sudah diketahui statusnya demikian, maka anda dapat mempergunakannya dalam pengecekan dengan if atau case of. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.


logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar