Situs Untuk Memperpendek URL atau Link Yang Mudah dan Bisa Dianalisa

Sabtu, 19 Sep 2020

Pernahkah anda ingin menyebarkan google formulir untuk murid atau teman anda tapi urlnya kepanjangan? atau misalnya anda ingin menunjukkan suatu informasi penting disuatu halaman website atau youtube tetapi sayangnya setelah dicopy linknya terlalu panjang untuk disebarkan? Bahkan saking panjangnya sampai media sosial tempat anda ingin berbagi kolomnya tidak cukup.

Atau apakah anda pernah ingin mengetahui informasi terkait link anda misalnya berapa kali link di klik,  darimana lokasi asal yang mengeklik, usia mereka yang mengklik dan informasi lainnya?

Sekarang anda dapat dengan mudah memecahkan masalah diatas, dengan cara yang mudah. Yaitu dengan memanfaatkan situs yang membantu memperpendek link atau disebut situs short URL. 

Situs Untuk Memperpendek URL Link

Ada banyak situs yang bisa membantu anda memperpendek link antara lain:

shrinkme.io 

Bila anda tidak ingin ribet, dan ingin segera memperpendek URL yang panjang maka anda dapat memanfaatkan website ini. Cukup copy url yang panjang yang ingin anda perpendek kemudian pastekan di kolom yang disediakan dan tunggu sebentar maka url yang pendek siap anda gunakan.

Situs ini banyak direkomendasikan para onliners untuk memperpendek link secara cepat dan mudah. Langsung saja klik gambar berikut untuk menuju ke websitenya.

Bitly

Situs ini merupakan situs short URL yang sudah populer dan seringkali digunakan oleh perusahaan besar untuk menyebarkan memperpendek link seperti McDonald's atau juga Dunkin'Donuts. 

Situs ini memberikan layanan memendekkan alamat link dan juga bisa menganalisanya datanya. Sehingga anda dapat memonitor sumber sipa saja yang memanfaatkan link anda. Dengan demikian akan sangat berguna untuk bisnis anda.

Setiap link yang dibuat dengan menggunakan bitly dapat dicustomisasi sehingga anda dapat membuatnya agar tampil lebih mudah diingat sesuai keinginan anda. Tetapi bila anda ingin meng-customisasi anda harus berlangganan minimal $29 /bulan.

Walaupun anda dapat memanfaatkan situs ini secara langsung tanpa perlu mendaftar, tetapi untuk mempermudahanalisa data maka anda sebaiknya membuat akun gratis. Dengan memiliki akun, maka anda akan diberikan fitur untuk menganalisa data untuk melacak CTR dan juga fitur kustomisasi link.

YourIs

Anda juga dapat memanfaatkan website ini untuk membuat url sendiri atau dengan memanfaatkan adanya fitur hosting gratis. Tetapi anda perlu menginstall dan menjalankannya di server pribadi tersebut. 

Website ini menawarkan beberapa fitur yang tidak kalah menarik seperti membuat link privat atau link publik, dapat menganalisa data serta performa link dan lain sebagainya. Untuk mengoptimalkan.

TinyUrl

Bila anda sudah lama berbisnis online, tentu sudah pernah mengetahui atau menggunakan situs ini. Situs ini merupan situs pelopor short URL di internet sejak tahun 2002. Walaupun sudah sejak lama, tapi jangan dikira akan ketinggalan jaman, sebab situs ini masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Keunggulan link yang dipendekkan dengan menggunakan situs ini adalah tidak kadaluarsa. Berarti link yang sudah pernah anda pendekkan dan hasilnya akan terus dapat anda gunakan sepuasnya. Jadi anda tidak perlu mengalami broken link atau eror 404.

Rebrandly

Website ini merupkan salah situs short URL yang memberikan kesempatan kepada anda untuk dapat mengcustomissasi link dengan brand anda. Pada situs ini anda dapat membuat link dengan domain anda sendiri untuk disisipkan kesetiap link.

Selain memberikan fitur customisasi, situs ini juga memberikan fitur pengaturan kadaluarsa link, analisa link, bahkan dapat mengubah link menjadi QR code dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan semua fiturnya anda perlu mendaftar langganan mulai $29/bulan.

BL.INK

merupakan salah satu situs short URL dengan fitur sangat lengkap. Situs ini dapat mengkostumisasi link dan melacak data orang yang mengklik link anda bahkan hingga perangkat yang digunakan dan bahasa yang digunakan sang pengeklik link anda tersebut.

Situs ini membuka fitur mereka hingga 1000 klik dan akan dapat menambahkan keyword tertentu untuk meningkatkan conversion rate.

Conversion rate merupakan pentunjuk apakah bisnis anda untuk atau tidak sehingga sangat penting untuk kelanjutan bisnis anda. Anda dapat mempelajari topik conversion rate di artikel selanjutnya.

T2M

Situs ini merupakan short URL dengan fitur lengkap yang memberikan anda data statistik agar mempermudah anda menganalisa performa link anda. Dalam situs ini anda juga dapat mengatur kadaluwarsa link yang dipendekkan dalam situs ini.

Salah satu fitur analisa dalam situs ini adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini dapat menyesuaikan laporan statistik sesuai kebutuhan anda, misalnya IP yang mengeklik, browser yang digunakan, berapa kali klik dan lain sebagainya. 

Untuk menikmati layanan T2M anda perlu menggunakan paket Basic dengan membayar $5 yang merupakan paket termurah.

Itulah tadi situs-situs yang dapat anda manfaatkan untuk memperpendek URL sehingga mudah dibagikan dan digunakan oleh pengguna. Demikian tulisan kali ini semoga bermanfaat.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar