Begini Cara Gonta-Ganti Kernel dengan Mudah

Jumat, 12 Jun 2020

Linux memiliki perangkat lunak utama dan orisinil yang dibuat oleh komunitas linux. Perangkat lunak orisinil ini disebut dengan Kernel. Saat ini Linux memiliki banyak komponen yang dibuat secara bersama oleh pengembang lain. 

Kernel memiliki tugas sebagai bagian utama yang melayani berbagai macam program aplikasi untuk mengakses fungsi dan fitur perangkat keras. Oleh sebab itu kernel selalu di update agar dapat menyesuaikan perkembangan hardware terbaru. 

Eh tapi jangan asal update kernel ya!!! Tahu kenapa? Tenang penjelasannya dibawah.

Cara Update Kernel dengan mudah

Bila anda pengguna linux yang tidak suka ribet dengan mengetikkan baris perintah melalui terminal. Maka anda cocok sekali dengan artikel ini. Anda dapat mengetahui kernel terbaru dengan mengupdate sesuai keinginan anda melalui Upate Manager.
Start > System > update manager
Cara Update Kernel dengan mudah

Setelah anda melihat tampilan update manager anda dapat mengakses opsi kernel di menu:
view > linux kernel
Cara Update Kernel dengan mudah

Anda akan melihat list kernel yang dapat anda pilih kemudian install. Untuk memilih kernel sebaiknya anda membaca informasi kompatibilitas kernel dengan distro yang anda gunakan.
Cara Update Kernel dengan mudah

Bila sudah anda install maka kernel yang dibaca adalah otomatis kernel paling baru walaupun anda juga bisa memilihnya ketika booting melalui grub.
Cara Update Kernel dengan mudah

Nah anda sekarang sudah tahu cara menginstall Kernel dengan mudah. Tidak perlu lagi menggunakan terminal bagi yang tidak suka mengetik kode perintah. Anda tinggal melakukan klak-klik seperti yang telah dijelaskan.

Apa akibatnya update Kernel sembarangan?

Kernel dikembangkan seringkali lebih maju dibandingkan distronya. Oleh sebab itu jangan heran apabila anda yang tidak update distro ketika melihat list kernel terbaru ketinggalan sangat jauh. Bahkah, walaupun sudah update distro terbaru masih ada saja kernel yang lebih baru lagi. 

Bila anda asal mengupdate kernel bisa berakibat distro anda tidak berjalan sesuai dengan kernel, tentu saja fungsi hardware anda akan terganggu. Seringkali fungsi LAN atau jaringan akan terimbas belum lagi tampilan grafis yang tidak dapat mendeteksi kartu grafis sehingga resolusi layar menjadi tidak sesuai. 

Masalahnya sudah kadung ganti kernel baru, ternyata jadi masalah. Trus bagaimana? Tenang anda bisa kembali ke kernel lama.

Cara kembali ke Kernel lama yang lebih stabil

Ketika kita update kernel terbaru, tidak jarang terjadi masalah. Yang terjadi bukan lebih canggih, tetapi malah hardware anda tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu anda bisa kembali menggunakan kernel lama. Caranya adalah seperti berikut:
  1. Silahkan Booting kembali dan pilih Advance options for Ubuntu
    Cara kembali ke Kernel lama
  2. Silahkan pilih Kernel yang tersedia, pilih kernel yang lama
    Cara kembali ke Kernel lama
  3. Setelah sudah masuk silahkan kembali ke Update Manager diatas dan kemudian masuk ke menu kernel dan hapus kernel yang tidak sesuai dengan distro yang anda gunakan.

Demikian tulisan kali ini mengenai Kernel, semoga bermanfaat.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar