12 Tahap Membangun Bisnis Impian Anda

Jumat, 8 Okt 2021

Disadari atau tidak, Menjalankan sebuah bisnis dari impian anda sendiri akan sedikit banyak mempengaruhi kehidupan anda kedepan. Dengan memiliki bisnis maka kehidupan seseorang akan menjadi berbeda dengan orang yang bekerja sebagai karyawan. 

Mungkin anda juga sudah lama punya impian memiliki bisnis sendiri seperti saya. Sebelum anda memulai bisnis, maka tidak salah bila anda berpikir untuk mencari tahu dulu dan belajar bagaimana cara profesional memulai sebuah bisnis yang benar. 

Menurut para pebisnis yang telah berhasil memutuskan untuk mulai bisnis dari ukuran kecil adalah lebih baik dari pada anda memulainya langsung besar. Apalagi bagi anda yang belum pernah melakukan bisnis sebelumnya sama sekali.

Untungnya di era internet sekarang ini, banyak pengusaha berpengalaman yang seringkali memberikan bocoran rahasia bagaimana mereka memulai bisnis dari awal. Baik dengan menceritakan cara yang berhasil maupun apa saja cara salah yang berujung pada kegagalan. 

Dari berbagai langkah-langkah yang seringkali di bocorkan oleh mereka yang telah berhasil tersebut, Ada banyak kesamaan diantara cara antara pebisnis satu dan yang lain. Setelah kami kumpulkan setidaknya ada 12 langkah yang terbukti dapat mempermudah anda diawal membuat bisnis. Anda ingin tahu? berikut ini hasil penelusuran kami.

12 Langkah Memulai Bisnis

  1. Temukan Ide Bisnis
  2. Pilih sebuah nama untuk Bisnismu
  3. Validasi Ide Produk Anda
  4. Tuliskan Rencana Bisnis Anda
  5. Susun Anggaran Anda
  6. Kembangkan Produk atau Layanan
  7. Pilih Struktur Bisnis 
  8. Pelajari mengenai Lisensi dan Aturan Pemerintah
  9. Pilih Alat Yang Tepat
  10. Temukan Lokasi Bisnis Strategis
  11. Rancang Beban Kerja dan Tim
  12. Saatnya Mulai Bisnismu
Tahapan Membangun Bisnis


Tahapan Membangun Bisnis

Langsung saja berikut ini kita bahas tahapan membangun bisnis satu persatu.

1. Temukan Ide Bisnis

Langkah pertama untuk memulai bisnis online adalah memproyeksikan atau mengintip kemasa depan bagaimana bisnis yang anda inginkan nantinya berjalan. Menemukan ide bisnis kecil-kecilan adalah tugas yang dapat anda lakukan dengan cara tes atau uji coba dengan kerjasama bersama pengusaha lain. 

Tidak masalah apabila anda memulai dengan bisnis yang membutuhkan modal sedikit atau bahkan dapat dimulai dengan semua modal dari kantong anda sendiri. Cara paling mudah untuk menentukan produk pertama yang akan anda jual adalah dengan menjawab pertanyaan berikut:

a. Bagaimana peluang pasar (market) bisnis anda?

Pengusaha pemula seringkali menganggap enteng market yang kecil. Pilihan ukuran pasar harus sesuai dengan ambisi anda dalam bisnis. Tapi kesempatan dalam mengembangkan disisi keunikan adalah yang membedakan bisnis anda dengan bisnis saingan anda.

Sebagai contoh, bila kategori produk anda memiliki sedikit pelanggan yang aktif, tapi kemungkinan harga produk anda sangat tinggi dan permintaan pembelian kembali juga sangat tinggi merupakan pasar yang bagus daripada ukuran pasar yang besar dengan banyak pesaing.

Dengan kata lain melayani banyak pelanggan sekarang ini tidaklah seksi seperti dulu. Kesempatan terbaik akan datang dari produk yang dapat anda kembangkan marketnya dengan pembelian kembali (repeat purchases) dengan ditunjang pencatatan data atau upselling dan cross-selling sebagai produk pelengkap.

Itu semua peluang yang akan datang pada anda apabila anda dapat mempertahankan ide dalam mengembangkan kesempatan anda. Memilih target pelanggan yang tepat akan dapat mendatangkan keuntungan yang potensial.

B. Apakah itu tren, mode, atau pasar yang sedang berkembang?

Salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis adalah memasuki pasar sebelum Anda memulai. Memahami lintasan pasar lebih penting daripada sekedar tahu keadaannya saat ini. Jika Anda ingin bisnis Anda dapat terus berjalan lebih jauh, ingatlah bahwa tidak hanya penting untuk memahami permintaan untuk suatu kategori saat ini, tetapi juga untuk mengetahui bagaimana trennya di masa depan. Apakah produk atau ceruk pasar Anda termasuk dalam tren, tren, stabil, atau pasar yang sedang berkembang?

Mode (Iseng-iseng). Sebuah mode adalah sesuatu yang tumbuh dalam popularitas untuk waktu yang singkat dan memudar dengan cepat. Bila anda sekedar iseng-iseng saja mungkin bisa saja menguntungkan. Kuncinya Anda mesti masuk dan keluar tepat waktu, tapi ini bisa sulit diprediksi dan malah berujung pada bencana kebangkrutan.

Kecenderungan (Trend). Tren adalah arah jangka panjang yang tampaknya diambil oleh pasar untuk suatu produk. Itu tidak tumbuh secepat jenis pasar Mode atau (iseng-iseng), pasar Trend itu bertahan lebih lama dan, umumnya, itu tidak menurun secepat pasar Mode.

Stabil. Pasar yang stabil adalah pasar yang kebal terhadap guncangan dan guncangan. Itu tidak menurun atau tumbuh tetapi mempertahankan dirinya sendiri dalam jangka waktu yang lama.

Pertumbuhan. Pasar yang berkembang adalah pasar yang telah mengalami pertumbuhan yang konsisten dan menunjukkan tanda-tanda pergeseran pasar jangka panjang atau permanen.

C. Siapa pesaing Anda?

Seperti apa peta persaingan untuk produk Anda? Apakah ada banyak pesaing, atau sebaliknya sangat sedikit? Jika ada banyak bisnis yang bersaing di ceruk pasar Anda, itu sering kali merupakan tanda bahwa pasar sudah mapan; itu bagus untuk memastikan permintaan ada, tetapi itu juga akan mengharuskan Anda untuk membedakan apa yang Anda tawarkan (sampai tingkat tertentu) untuk menarik perhatian pelanggan dan membangun pangsa pasar.

D. Apakah akan ada pembatasan atau peraturan?

Memahami bagaimana memulai bisnis kecil juga membutuhkan pemahaman tentang kewajiban hukum. Sebelum terjun ke dalam kategori produk, pastikan Anda memahami peraturan atau batasan yang akan berlaku. Produk kimia, produk makanan, dan kosmetik tertentu dapat membawa pembatasan tidak hanya oleh negara tempat Anda mengimpor barang tetapi juga negara tujuan pengiriman produk Anda.

2. Pilih nama bisnis

Apalah arti sebuah nama? Sebagai permulaan, nama bisnis Anda adalah aspek penting agar dikenal secara universal dari pemasaran Anda. Persoalan kebutuhan nama itu muncul di mana pun Anda melakukan pemasaran. 

Pemasaran paling sederhana yaitu dari mulut ke mulut akan cukup sulit untuk berhasil bila tidak ada namanya. Jadi jangan memperburuk keadaan dengan membuat hidup bisnis lebih sulit dengan nama bisnis yang membosankan, membingungkan, atau tidak relevan.

Pada hari-hari awal memulai bisnis tujuan utamanya bisnis adalah berjalan agar lancar, anda dapat mengawali dengan metapkan hal-hal yang paling penting dan sederhana dulu. Nama apa pun yang Anda buat sekarang bukanlah nama yang harus Anda jalani selamanya. 

Buat semuanya tetap sederhana dan fokus: nama untuk bisnis Anda sebaiknya dipilih kata yang memperjelas apa yang Anda lakukan, singkat dan mudah diingat, dan selaras dengan misi dan pernyataan visi Anda. Ini bukan tugas yang mudah, tetapi sangat dapat dicapai dengan sedikit kecerdikan.

Pembuat nama dapat membantu Anda menghasilkan serangkaian ide awal—selebihnya terserah Anda. Jika Anda memulai dari awal, ada juga beberapa praktik yang telah teruji waktu untuk bersandar pada arahan. 

Berikut beberapa tips memulai bisnis dengan nama yang pas dan mudah diingat:

Tetap singkat dan sederhana. Sebuah cara yang baik di sini adalah jika Anda telah berbicara tentang ide bisnis Anda sebelumnya dan orang sering meminta Anda untuk mengulangi nama tersebut. Jangan membuat pelanggan berupaya untuk mengingat merek Anda, mudahkan mereka mengingat dengan tanpa usaha, semudah mungkin. Satu atau dua kata sangat ideal, meskipun tiga hingga empat kata pendek juga dapat berfungsi jika membentuk frasa konkret. 

Berani tampil beda. Jika riset pasar Anda menunjukkan bahwa setiap orang di industri Anda tampaknya memiliki nama yang sama atau bergantung pada elemen yang serupa, pertimbangkan untuk menghindari kiasan ini dan berbelok ke arah yang sama sekali berbeda; banyak merek meremehkan keunggulan pemasaran dari orisinalitas ide liar. Anda selalu dapat mengubah nama Anda dengan kategori produk Anda untuk berbaur secara pintar dengan jelas juga. (Misalnya, Danish Coffee, Pakaian Renang Beefcake)

Jadi diri sendiri. Anda harus memastikan nama bisnis Anda tidak digunakan oleh bisnis lain, terutama pesaing. Untuk melakukan itu, jalankan pencarian merek dagang gratis di negara tempat Anda berbisnis, dan pastikan untuk memeriksa Google dan situs media sosial juga. Hal yang sama berlaku untuk URL, jadi jalankan pencarian nama domain cepat atau pencarian whois sebelum Anda mendaftarkan apa pun. (Jika Anda masih tidak yakin, sebaiknya konsultasikan dengan penasihat hukum independen untuk mendapatkan saran khusus untuk bisnis Anda.)

3. Validasi Ide produk Anda

Sampai orang membayar Anda, semua yang Anda miliki hanyalah daftar asumsi. Riset pasar, survei, dan umpan balik dari teman dan keluarga dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar, tetapi bentuk validasi produk paling nyata adalah suara dering mesin kasir yang menghasilkan penjualan. Jadi, cara pertama dan bisa dibilang terbaik untuk memvalidasi produk Anda adalah dengan melakukan beberapa penjualan awal.

Namun, ada sejumlah cara untuk memvalidasi calon ide Anda saat Anda mengembangkannya. Sebagian besar fokus pada satu tindakan penting yaitu komitmen. Biarkan pelanggan awal berkomitmen dalam beberapa bentuk atau cara untuk menunjukkan bahwa, ya, orang benar-benar tertarik untuk membeli produk ini dan mereka tidak hanya memberi tahu Anda apa yang ingin Anda dengar.

Bias terhadap kecepatan dan eksperimen ini dapat menyelamatkan Anda dari kesalahan yang merugikan. Nasihatnya sangat sederhana dan jelas sehingga sering diabaikan pebisnis adalah "pastikan Anda menjual sesuatu yang diinginkan orang". 

Berikut adalah beberapa cara untuk menguji tahap awal bisnis, sebelum anda menyelam ke bagian selanjutnya misalnya dalam contoh artikel ini adalah dengan cara memulai bisnis kecil secara online.

Siapkan toko untuk menerima pesanan di muka. Bayangkan telah memiliki validasi produk sebelum mengembangkan produk Anda. Anda juga boleh menerima Pre-order bila memungkinkan. Sekarang lambat laun, pelanggan menjadi lebih terbiasa dan nyaman dengan membayar produk hari ini yang akan mereka terima nanti. Jelaskan dan jual apa yang Anda bangun, hormati janji Anda, dan berikan jaring Anda sebelum menempatkan pesanan inventaris awal itu.

Luncurkan kampanye penanam modal (crowdfunding). Kickstarter bukanlah obat penyembuh semua kesengsaraan pembiayaan Anda, tetapi mereka masih merupakan cara yang menguntungkan untuk mendapatkan pendanaan dari sumber terbaik: pelanggan. Kickstarter juga bukan satu-satunya permainan di kota, yang berguna untuk merek yang bekerja di luar kategori produk paling menonjol di platform. Jelajahi daftar situs kami dan lihat apakah ada yang cocok untuk Anda.

Jual produk secara langsung. Untuk produk tertentu, seperti barang buatan sendiri, pameran dan pasar lokal menawarkan cara yang ideal untuk menguji suatu produk: dengan membuat batch awal dan menjualnya kepada pelanggan secara langsung. Ketika Nimi Kular dan bisnis keluarganya, Jaswant's Kitchen, pertama kali mulai menjual resep buatan sendiri, mereka menganggap pendekatan ini sangat diperlukan. "Menjual secara langsung di pameran kerajinan atau pop-up lokal adalah cara yang bagus untuk membagikan cerita Anda, mendapatkan umpan balik, dan menjelaskan manfaat produk Anda kepada calon pelanggan," kata Nimi.

Ada cara lain untuk memvalidasi ide produk Anda, tetapi semakin banyak memvalidasi bisa membuat anda semakin ragu, mulailah menjual secepat mungkin. Ada kerugian untuk bergerak terlalu cepat—jika Anda terburu-buru dan mencoba menjual produk sebelum siap, Anda hanya akan belajar bahwa orang tidak menyukai produk yang buruk. Namun, menurut pengalaman kami, sebagian besar pengusaha menunggu terlalu lama untuk mulai memvalidasi ide mereka.

Pertimbangkan ini: jika ada pelanggan memberi saran untuk memperbaiki produk dan layanan, maka percayakan pelanggan potensial Anda untuk memandu Anda pada keberhasilan produk. Tidak peduli seberapa pintar Anda, tidak ada pengganti untuk umpan balik langsung dan tajam dari pelanggan yang membayar.

4. Tulis rencana Bisnis Anda

Berikutnya dalam daftar langkah kami untuk memulai bisnis online adalah rencana bisnis Anda. Menulis rencana bisnis membantu memformalkan ide Anda dan dapat merampingkan proses penciptaan bisnis dengan membuat Anda duduk dan memikirkan berbagai hal secara metodis.

Iya perlu diakui bahwa, rencana (sering) tidak berharga, tetapi perencanaan adalah segalanya. Banyak pengusaha mengatakan bahwa mereka jarang melihat rencana mereka setelah produk diluncurkan—tetapi mereka juga akan memberi tahu Anda bahwa ada nilai dalam memikirkan dan meneliti ide Anda; menulis rencana bisnis adalah kanvas yang sempurna untuk latihan ini. Bahkan, menulis rencana bisnis dapat mengungkapkan lebih banyak wawasan tentang cara memulai bisnis online, terutama saat Anda mulai dari langkah awal hingga sampai ke bagian pengadaan logistik.

Paling tidak, Anda akan segera mengetahui pertanyaan apa yang tidak Anda miliki jawabannya. Memiliki pemahaman yang kuat tentang "yang tidak diketahui" Anda adalah penting karena semua itu berarti bahwa Anda secara aktif tidak memprioritaskan menemukan solusi sekarang; itu jauh lebih baik daripada kaget karena tidak siap atau lengah, terutama jika Anda kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini saat mencari dana.

Hari-hari Anda untuk memulai bisnis Anda pasti akan bergerak pada garis waktu yang jauh lebih pendek daripada rencana bisnis rata-rata. Dan itu hal yang baik; Anda perlu tahu apa yang Anda pikirkan, bukan apa yang Anda pikirkan. Tetapi draf awal rencana Anda seperti memetakan arah untuk tujuan yang diinginkan. Sepanjang jalan, banyak hal akan berubah, dan detail menit dalam rencana awal akan menjadi ketinggalan zaman. Tetapi jika Anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi, bagaimana Anda tahu kapan Anda telah tiba?

5. Atur Keuangan Anda

Tujuan dari bisnis apa pun intinya adalah menghasilkan uang. Jika tidak ingin menghasilkan uang, Anda mungkin menjalankan bisnis sebagai hobi (yang juga OK!). Tetapi jika tujuan Anda adalah menemukan cara yang efektif untuk memulai bisnis, mengetahui apa yang Anda perlukan untuk memulai dan bagaimana mengelola arus kas setelah Anda memilikinya akan menjadi bagian integral dari kesuksesan Anda. Meskipun sulit untuk mendapatkan daftar alasan pasti mengapa sebagian besar bisnis gagal, arus kas dan modal yang tidak mencukupi sering menjadi alasan penyebabnya.

Ada dua sisi mata uang ini: literasi keuangan dan mengamankan pendanaan (jika diperlukan). Mari kita mulai dengan yang pertama. Ada banyak bisnis yang dapat Anda mulai dengan biaya awal yang minimal, tetapi yang lain akan membutuhkan uang untuk inventaris, peralatan, atau ruang fisik. Pandangan yang jelas tentang total investasi Anda—sebelum Anda membelanjakan satu sen pun—adalah suatu keharusan untuk membantu membuat proyeksi penting, seperti kapan Anda akan mencapai titik impas.

Ke mana uang itu akhirnya akan pergi sebagian besar akan ditentukan oleh bisnis Anda, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa untuk sebagian besar bisnis, biaya produk dan inventaris mewakili sebagian besar pembelanjaan di Tahun 1. Jika perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Anda akan membutuhkan lebih banyak dana daripada yang Anda bisa. mampu mengeluarkan uang sendiri, Anda dapat melihat opsi seperti pinjaman usaha kecil, penawaran pinjaman Modal (untuk mereka yang memenuhi syarat), atau kampanye crowdfunding. Baca lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman bisnis dan berbagai jenis pinjaman yang dapat Anda ajukan.

Bagan yang menunjukkan bahwa sebagian besar pengusaha menghabiskan uang untuk pengembangan produk, inventaris, dan pemasaran di tahun pertama mereka

Data pada perusahaan Shopify menunjukkan bahwa pada tahun pertama bisnis mereka, pengusaha menghabiskan paling banyak uang untuk biaya produk (bahan mentah, inventaris, manufaktur, dll.).

Bagian kedua dari persamaan adalah literasi keuangan, atau memahami aliran keuangan melalui bisnis Anda. Ingat, jika matematika tidak berhasil, bisnis Anda tidak akan berhasil. Pembukuan harus menjadi salah satu tugas keuangan utama Anda segera setelah Anda siap untuk mulai melakukan pembelian untuk bisnis Anda. Catatan akurat tentang pendapatan dan pengeluaran Anda akan membantu Anda mengawasi arus kas dan membuat transisi yang mulus untuk bekerja dengan akuntan atau pemegang buku di kemudian hari—ketika Anda mampu memberikan bantuan profesional di bidang ini, ini adalah beberapa yang terbaik. uang yang Anda investasikan.

Untuk membuat pengelolaan keuangan Anda jauh lebih mudah, luangkan waktu untuk membuka rekening bank bisnis dan mendapatkan kartu kredit bisnis. Memisahkan keuangan pribadi dan profesional Anda membuat melakukan pajak bisnis Anda lebih sederhana dan dapat membantu Anda mengotomatiskan beberapa langkah keuangan untuk memulai bisnis juga. Melakukan hal ini akan sangat membantu jika Anda ingin tahu cara memulai bisnis kecil tanpa uang.

Pembiayaan yang membantu pedagang yang disetujui mendapatkan dana yang mereka butuhkan tanpa persetujuan bank yang panjang atau menyerahkan sebagian dari perusahaan mereka.

Untung Pertama. Buku yang dirancang untuk membantu Anda memahami cara memulai perusahaan dan membuatnya menguntungkan, apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan. Alat akuntansi. Aplikasi yang bekerja langsung dengan Shopify untuk merampingkan proses akuntansi Anda.

Kalkulator Bunga Pinjaman Bisnis. Hitung pinjaman dengan suku bunga tetap dengan mudah untuk bisnis Anda.

6. Kembangkan Produk (atau layanan) Anda

Anda telah melakukan kerja keras, memahami keuangan, dan, idealnya, mulai memvalidasi ide Anda dengan minat awal dari pelanggan. Sekarang, saatnya untuk lebih mendalami bagaimana Anda akan membangun apa yang Anda jual. Untuk bisnis berbasis produk, mengembangkan produk Anda dapat berarti mengambil salah satu dari tiga pendekatan umum:

A. Buat produk Anda sendiri

Baik Anda membuat barang dengan tangan atau mencari produk asli dari produsen, mengembangkan produk Anda sendiri untuk dijual dapat membantu Anda menonjol di pasar.

Membuat ide. Model SCAMPER adalah alat yang berguna untuk memunculkan ide produk dengan cepat dengan mengajukan pertanyaan tentang produk yang ada. Setiap huruf adalah singkatan dari prompt: Substitute; Menggabungkan; Beradaptasi (misalnya, bra dengan gesper depan untuk menyusui); Memodifikasi; Dimanfaatkan lain (misalnya, tempat tidur anjing busa memori); Menghapuskan; Membalikkan/Mengatur Ulang (mis., tas ransel yang tidak membuat jas Anda kusut).

Membuat prototipe. Pembuatan prototipe melibatkan percobaan dengan beberapa versi produk Anda, perlahan-lahan menghilangkan opsi dan melakukan perbaikan sampai Anda merasa puas dengan sampel akhir. Saat ini, dengan inovasi pencetakan 3D, desain dapat diubah menjadi sampel fisik dengan biaya yang jauh lebih rendah dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat.

Penetapan Biaya. Penetapan biaya adalah proses mengambil semua informasi yang dikumpulkan sejauh ini dan menambahkan berapa harga pokok penjualan (COGS) Anda, sehingga Anda dapat menentukan harga eceran dan margin kotor. Kami memiliki spreadsheet gratis yang dapat Anda salin untuk produk Anda sendiri.

TIPS: Masih banyak lagi yang bisa dijelajahi dalam hal membuat produk. Jika Anda baru memulai, lihat panduan lengkap kami untuk proses pengembangan produk.

B. Sesuaikan produk yang ada

Berbagai layanan print-on-demand memungkinkan Anda menambahkan desain dan branding unik ke produk white label, termasuk t-shirt, legging, handuk, ransel, dan banyak lagi. Opsi ini populer untuk kategori di mana sebagian besar diferensiasi bermuara pada desain; mug kopi dapat menggunakan berbagai bahan, misalnya, tetapi banyak pelanggan yang sebenarnya membeli frasa atau branding yang cerdas, bukan kualitas pembuatannya. Jika Anda memiliki audiens yang sudah ada sebagai pembuat konten, model ini juga bagus untuk menjual merchandise kepada penggemar Anda—setelah Anda tahu apa yang mereka inginkan.

C. Kurator pilihan produk

Dropshipping adalah cara menjual produk yang sudah ada tanpa menyimpan persediaan. Dengan dropshipping, Anda bermitra dengan pemasok produk yang ada yang mengirimkan dan memenuhi pesanan pelanggan Anda hanya setelah Anda melakukan penjualan; tugas Anda sebagai dropshipping adalah menangani pemasaran dan dukungan pelanggan. Model ini sangat mudah diakses dan dapat bersaing dalam kategori produk tertentu, tetapi model ini memberi ribuan pengusaha kesempatan untuk segera memulai bisnis mereka tanpa menanggung investasi awal yang besar untuk inventaris.

Satu hal terakhir: saat Anda mengembangkan produk Anda, ingatlah biaya total Anda saat menentukan harga Anda. Meskipun harga produk Anda tidak semata-mata didorong oleh biaya—dan ada banyak faktor yang memengaruhi penetapan harga—penting untuk menentukan harga produk Anda secara menguntungkan.

7. Pilih struktur Bisnis

Ada banyak cara untuk memulai bisnis dengan struktur pendirian yang berbeda. Struktur bisnis Anda memengaruhi bagian-bagian penting bisnis Anda, mulai dari pajak hingga operasi hingga kewajiban pribadi Anda. Memilih struktur yang tepat adalah tentang menyeimbangkan perlindungan hukum dan keuangan yang Anda butuhkan dengan fleksibilitas yang ditawarkan oleh berbagai opsi. Ini adalah keputusan penting, dan itu adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan dengan hati-hati sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda.

Struktur bisnis bervariasi berdasarkan negara dan wilayah Anda, tetapi dua jenis umum—yang mungkin menggunakan nama berbeda di negara Anda—adalah kepemilikan tunggal dan pendirian perusahaan. Kepemilikan tunggal sangat bagus jika Anda adalah satu-satunya orang yang terlibat dalam bisnis dan biasanya merupakan struktur dengan upaya terendah untuk dikejar, tetapi itu membuat Anda secara pribadi bertanggung jawab atas bisnis dan aktivitasnya. Anda dapat mempekerjakan karyawan sebagai pemilik tunggal, tetapi Anda memerlukan nomor identifikasi pemberi kerja untuk melakukannya, yang berarti mendaftarkan bisnis Anda.

Di sisi lain, jika Anda memilih struktur yang lebih formal, seperti korporasi atau perseroan terbatas, lebih mudah untuk melibatkan banyak pemilik dan Anda tidak bertanggung jawab secara pribadi atas bisnis tersebut. Pada saat yang sama, ada lebih banyak dokumen dan langkah-langkah yang terlibat dalam memulai dan memelihara sebuah perusahaan.

Ketika mempertimbangkan struktur hukum yang tepat untuk bisnis Anda, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat Anda memahami cara memulai bisnis kecil:

Di mana lokasi bisnis Anda? Undang-undang negara Anda akan menguraikan berbagai struktur bisnis yang dapat Anda bentuk dan apakah Anda memerlukan izin usaha atau tidak untuk memulai.

Bisnis apa? Beberapa struktur lebih cocok untuk bisnis skala tertentu atau dalam industri tertentu. Mungkin ada saatnya Anda perlu merestrukturisasi bisnis Anda agar dapat bekerja dengan mitra baru. Bukan hal yang aneh bagi bisnis besar untuk meminta pemasok atau mitra mereka dimasukkan, misalnya.

Berapa orang yang terlibat? Jika Anda melakukannya sendiri sebagai pendiri solo, Anda mungkin dapat melihat opsi yang disederhanakan. Jika Anda memiliki mitra bisnis atau beberapa orang yang memiliki kepemilikan di perusahaan, Anda harus melihat opsi lanjutan untuk memastikan semuanya telah diatur dan dibagikan dengan benar.

Seorang akuntan atau pengacara dapat membantu dalam mengevaluasi berbagai pilihan yang tersedia di wilayah Anda dan dengan proses pendirian bisnis. Anda juga dapat melihat perbandingan kepemilikan tunggal vs. LLC ini.

8. Lisensi penelitian dan peraturan pemerintah

Setelah Anda memahami cara memulai bisnis online, lihat lisensi dan peraturan pemerintah apa yang Anda perlukan untuk beroperasi secara legal. Tidak ada yang ingin berakhir dalam masalah hukum. Bisnis Anda tunduk pada undang-undang yang mengatur bisnis di wilayah Anda, serta undang-undang dan peraturan khusus untuk industri Anda. Misalnya, bisnis jasa makanan perlu mengikuti perizinan dan peraturan khusus untuk menangani apa yang dijualnya, tetapi juga harus memperhatikan legalitas upaya pemasarannya dan undang-undang merek dagang dan hak cipta.

Dengan begitu banyak yang perlu diketahui, dan banyak yang spesifik untuk lokasi dan industri Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan pengacara untuk mendapatkan saran sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda. Menginvestasikan waktu dan uang di muka untuk mendapatkan nasihat hukum dapat menyelamatkan Anda dari sakit kepala yang cukup besar di kemudian hari.

9. Pilih alat Anda

Mengambil langkah-langkah untuk memulai bisnis online berarti memiliki lebih banyak hal yang harus dilakukan daripada yang dapat dilakukan secara wajar. Itulah mengapa pemilik bisnis tidak boleh meremehkan nilai perangkat lunak yang bagus—ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi beban berat yang terlibat dalam menjalankan bisnis. Alat yang tepat sesuai dengan pekerjaan yang harus dilakukan, jadi langkah pertama untuk mendapatkan kembali sebagian waktu Anda adalah mencari tahu aliran pekerjaan mana yang terus menghabiskan sebagian waktu Anda.

Apakah ada tugas berulang dalam daftar itu yang tidak memerlukan banyak pengambilan keputusan? Perangkat lunak sangat cocok untuk merampingkan atau mengotomatisasi pekerjaan semacam itu. Anda juga dapat menerapkan perangkat lunak lebih awal untuk mendukung beberapa pekerjaan pemasaran dan penjualan Anda; sementara ada risiko nyata untuk terganggu dengan alat yang berlebihan, ada sebagian pemasaran yang akan mendapat manfaat dari otomatisasi sejak hari pertama.

Pertimbangkan untuk mencari perangkat lunak untuk membantu Anda mengelola hal berikut:

Akuntansi. Dengan banyak pilihan untuk membantu Anda melacak semuanya mulai dari makan bersama mitra bisnis Anda hingga pesanan inventaris besar, perangkat lunak akuntansi adalah salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis Anda dengan keuangan yang tepat. Simpan sebanyak mungkin angka manual untuk pekerjaan investigasi yang berharga; biarkan perangkat lunak dan profesional membantu Anda dengan hal-hal sehari-hari.

Email Pemasaran. Sebagian besar bisnis akan mendapat manfaat dari pengaturan pengabaian keranjang dan urutan email selamat datang bahkan sebelum mereka melakukan penjualan pertama mereka. Daftar email adalah salah satu dari sedikit hal, di samping toko online Anda, yang benar-benar Anda miliki di internet; ini memberikan sambungan langsung ke pelanggan Anda yang tidak bergantung pada algoritme pihak ketiga. Investasikan lebih awal, dan mulai gratis dengan Email Shopify.

Iklan. Membayar iklan adalah biaya berbisnis, terutama secara online, tetapi ada perangkat lunak pemasaran yang dapat membantu merampingkan proses dan memaksimalkan anggaran iklan Anda—tidak peduli berapa banyak yang harus Anda keluarkan. Pemasaran di Shopify dapat membantu Anda mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat, menguji, dan melacak kampanye Anda, tetapi jika Anda berencana untuk meningkatkan skala iklan berbayar Anda, sebaiknya Anda membiasakan diri dengan platform masing-masing.

Manajemen proyek. Bahkan jika Anda seorang pemilik tunggal, memiliki satu tempat untuk merencanakan pekerjaan Anda dan melacak tugas-tugas penting dapat membantu Anda tetap pada jadwal. Alat seperti Trello dan Asana dapat membantu Anda menjaga denyut nadi, dan aplikasi penghubung seperti Zapier sangat bagus untuk menyatukan dan mengotomatiskan alur kerja Anda yang paling umum.

Situs web atau toko online. Pilih pembuat situs web atau platform e-niaga yang memungkinkan Anda dengan mudah mengelola semua tugas penting yang terlibat dalam menjalankan bisnis Anda. Cari tema yang mendukung lini produk Anda dan memberi Anda kemampuan untuk menerima dan mengelola pesanan dengan mudah. Untuk bisnis perdagangan, kinerja situs, pembayaran dan checkout, dan kemampuan omnichannel adalah pertimbangan yang sangat penting.

10. Temukan lokasi bisnis

Rencana bisnis Anda akan membantu memandu jenis ruang yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Jika Anda menjual kaos print-on-demand, Anda mungkin hanya perlu mencari tempat bisa di rumah Anda untuk ruang kerja kecil, meja, dan laptop. Di sisi lain, jika bisnis Anda membutuhkan ruang ritel langsung, Anda harus mencari tempat untuk disewa.

Untuk membantu mempersempit apa yang Anda butuhkan dari lokasi bisnis Anda, pertimbangkan pertanyaan berikut:

1. Berapa banyak ruang yang Anda butuhkan untuk inventaris? Jika Anda menerima pengiriman ribuan barang sekaligus, Anda mungkin tidak dapat menampungnya di ruang tamu Anda.

2. Apakah Anda berencana menawarkan penjualan eceran secara langsung? Menjual rumah Anda tentu saja merupakan pilihan untuk pesanan pertama Anda, tetapi jika tatap muka adalah saluran yang penting, Anda pasti ingin menemukan ruang yang nyaman dan mudah diakses oleh pelanggan untuk dikunjungi.

3. Apakah Anda akan mengepak dan mengirim pesanan dari lokasi Anda? Bergantung pada skala operasi pengiriman Anda, itu mungkin memerlukan lebih banyak ruang daripada yang Anda miliki di kantor pusat.

Mungkin saja Anda dapat mengetahui cara memulai bisnis kecil dari ruang yang sudah Anda miliki, terutama jika Anda tidak berencana untuk menjual secara langsung.

11. Rencanakan beban kerja dan ukuran tim

Sekarang setelah Anda tahu cara membuka bisnis Anda sendiri, inilah saatnya untuk membangun tim Anda.

Berapa banyak pekerjaan yang perlu Anda lakukan, dan keterampilan apa yang diperlukan untuk meluncurkan bisnis Anda? Ini adalah pertanyaan mendasar yang harus Anda jawab karena mereka akan memandu garis waktu dan tingkat investasi Anda dalam peluncuran Anda.

Jika Anda berencana untuk melakukan semua pekerjaan sendiri, Anda dibatasi oleh waktu yang tersedia untuk berinvestasi. Jika Anda berencana untuk menyewa bantuan, Anda harus memperhitungkan biaya-biaya tersebut—serta waktu yang diperlukan untuk menemukan dan merekrut pekerja lepas atau karyawan.

Berikut ini ikhtisar keterampilan dasar yang perlu Anda pelajari, ketahui, atau rekrut saat Anda memulai:

Desain

Ada banyak keputusan desain yang perlu dibuat saat Anda mempelajari cara memulai bisnis online, mulai dari mendesain logo hingga memilih warna merek Anda. Berikut adalah beberapa kunci yang harus difokuskan:

Logo

Anda dapat mengandalkan pembuat logo seperti Hatchful atau perangkat lunak gambar online seperti Canva untuk membuat logo Anda. Atau anda dapat membuat sayembara untuk membuatkan logo terbaik untuk perusahaan anda. Anda dapat menggunakan situs online seperti 99design untuk mendapatkan logo terbaik.

Warna

Mulailah dengan salah satu dari banyak alat online yang dapat membuat palet warna, atau gunakan Hatchful untuk memilih warna untuk merek Anda.

Desain situs web

Memulai dengan tema profesional untuk situs web Anda memberi Anda situs yang didasarkan pada praktik terbaik desain.

Jika pendekatan DIY untuk menyiapkan toko Anda terlalu jauh di luar bidang keahlian Anda, Anda dapat menemukan desainer profesional dengan meminta referensi dari pemilik bisnis lain.

Pemasaran

Pemasaran adalah bagian integral dari pemahaman bagaimana memulai bisnis online dan dapat memerlukan beberapa keahlian. Mulailah dengan memutuskan aktivitas pemasaran mana yang akan memiliki dampak terbesar pada bisnis baru Anda, dan gunakan rencana Anda untuk membuat daftar keterampilan yang Anda perlukan untuk menjalankannya. Misalnya, menjalankan iklan berbayar adalah keahlian yang jauh berbeda daripada mengambil foto gaya hidup untuk membangun pengikut Instagram Anda.

Teliti dan pahami beberapa taktik promosi paling umum yang digunakan di industri Anda, dan pastikan Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menerapkannya.

Pengiriman

Salah satu kunci untuk memahami cara memulai bisnis online kecil adalah beroperasi dengan strategi pengiriman yang cerdas. Setelah produk dipesan, bagaimana cara mendapatkan dari Titik A ke Titik B? Pastikan Anda memiliki strategi pengiriman yang mencakup detail penting seperti:

1. Harga. Apakah Anda akan menawarkan pengiriman gratis atau diskon kepada pelanggan Anda atau memberikan biaya yang tepat kepada mereka? Ini adalah keputusan bernuansa yang memengaruhi banyak bagian bisnis Anda, jadi penting untuk menjalankan angka dan mempertimbangkan pilihan Anda.

2. Kemasan. Kemasan yang lebih ringan seringkali berarti biaya pengiriman yang lebih rendah, tetapi Anda harus menyeimbangkan berat dengan perlindungan. Karton, meski berat, lebih protektif untuk banyak produk daripada poli mailer.

3. Lokasi. Apakah Anda akan mengirim secara internasional, nasional, atau hanya lokal? Jawabannya akan tergantung pada produk dan tujuan Anda—dan itu bisa berubah seiring pertumbuhan bisnis Anda

Mempekerjakan bantuan untuk bisnis Anda

Jika Anda tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk DIY bagaimana memulai bisnis online, sewalah bantuan. Anda dapat menemukan asisten virtual untuk tugas rutin yang sedang berlangsung atau bekerja dengan ahli untuk proyek yang lebih terlibat, seperti membuat situs web atau rencana pemasaran Anda.

Mengelola beban kerja Anda

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang perlu terjadi dan siapa yang akan menyelesaikan pekerjaan, saatnya untuk menambahkan sedikit manajemen proyek untuk membuat hidup Anda lebih mudah. Pertimbangkan untuk menggunakan alat manajemen waktu seperti Trello atau Asana untuk menulis, menetapkan, dan melacak tugas. Alat manajemen waktu sangat membantu untuk menjaga tim sesuai jadwal, tetapi jangan meremehkan nilai struktur untuk diri Anda sendiri juga.

12. Luncurkan bisnis Anda

Pada titik ini, Anda tahu segalanya tentang cara menjalankan bisnis yang sukses. Anda siap untuk mengambil yang terakhir dan palinglangkah menarik: peluncuran! Persiapan yang telah Anda lakukan telah meletakkan dasar yang kokoh untuk mendukung peluncuran Anda, sehingga Anda dapat fokus pada aktivitas pemasaran dan melakukan penjualan pertama Anda. Namun, rencana serangan, terutama saat Anda mencoba membangun daya tarik, dapat membantu membuat peluncuran Anda lebih sukses.

Meskipun setiap peluncuran akan menjadi unik, ada beberapa elemen yang dapat meningkatkan penjualan beberapa hari pertama bisnis apa pun.

Gunakan jaringan Anda. Promosikan toko Anda terlebih dahulu dan terutama di saluran gratis yang sudah tersedia untuk Anda, yang mencakup media sosial pribadi dan daftar kontak Anda. Mengirim email satu-satu meminta dukungan, yang bisa sesederhana berbagi sosial, bisa sangat membantu untuk mendapatkan daya tarik.

Pertimbangkan untuk menawarkan diskon. Menghargai pelanggan awal dengan kode diskon yang sesuai dengan margin keuntungan Anda dapat membantu Anda mendapatkan daya tarik sejak dini, terutama saat toko Anda baru dan mungkin tidak memiliki banyak ulasan pelanggan atau poin bukti sosial.

Uji iklan berbayar. Bahkan jika Anda memulai dengan anggaran kecil, iklan berbayar dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk tampil di depan audiens ideal Anda. Menguji lebih awal dan belajar dari hasil Anda dapat membantu Anda mendorong beberapa penjualan pertama dan mengoptimalkan kinerja iklan saat Anda menskalakan.

Perjalanan seumur hidup

Menjelang peluncuran bisnis Anda selalu memiliki sensasi tertentu untuk itu. Mengapa?

Banyak pengusaha telah memberi tahu kami bahwa berlayar ke tempat yang tidak diketahui yang menurut mereka sangat mendebarkan; dalam langkah-langkah perencanaan untuk memulai bisnis online, mereka memiliki begitu banyak kendali, tetapi begitu sebuah bisnis muncul di dunia, Anda sekarang berada di wilayah yang sama sekali belum dipetakan. Itu bukan pengalaman petualangan yang paling menenangkan, tetapi panggilan untuk berpetualang terlalu kuat untuk ditolak—jadi mereka menjawab panggilan itu, bahkan ketika suara di kepala mereka mengatakan sebaliknya.

Itulah yang paling kami hormati dari para pengusaha: mereka bersedia meninggalkan situasi yang aman untuk mengejar impian mereka. Dan meskipun memulai bisnis tidak mudah, Anda tidak boleh melepaskan tujuan yang belum terwujud hanya karena sulit dilakukan.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar