Hari ini Termasuk Kabisat

29 Februari 2012

Hari ini adalah tanggal 29 Februari yang biasanya muncul empat tahun sekali. Dalam perhitungan Tahun Syamsiah, tahun di mana bulan Februari terdiri dari 29 hari disebut Tahun Kabisat (Leap Year).
Menurut perhitungan, satu Tahun Syamsiah tak benar-benar persis terdiri dari 365 hari, tetapi ada kelebihan waktu sebanyak 5 jam 48 menit dan 45,1814 detik. Kelebihan ini dalam empat tahun mencapai 23 jam, 15 menit dan 0,7256 detik. Sehingga untuk menggenapkannya setiap empat tahun sekali ada tambahan satu hari yang dimasukkan kedalam bulan Februari. Dengan demikian Tahun Kabisat disebutkan sebagai tahun yang angkanya habis dibagi empat.
Akan tetapi, karena tidak benar-benar pas 24 jam kelebihan waktu dalam setiap empat tahun itu, ada tambahan kategori untuk menjadikan suatu tahun disebut Tahun Kabisat.
•Jika tahun itu habis dibagi 400, tahun tersebut sudah pasti tahun kabisat.
•Jika tahun tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
•Jika tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
•Jika tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Jadi ini gara-gara kelebihan jam yang belum sampai 24 jam. Dan perhitungannnya tidak se-sederhana pengertian saya  yaitu tahun yang habis dibagi 4. Ternyata selama ini saya salah persepsi.

Tidak ada komentar: