Membuat Aquascape Sendiri

Jumat, 16 Jan 2015

Minggu kemarin, saya sedang pengen merombak aquarium lama. Setelah sebelumnya browsing di internet mengenai aquascape, akhirnya saya memutuskan untuk membuat aquascape di aquarium saya. Namun, sebelum saya memulai ada suatu masalah yang harus saya selesaikan dulu berkaitan dengan aquarium saya. Di aquarium saya terdapat kerak yang susah dihilangkan. Kerak itu semacam air yang tidak segera dilap sehingga meninggalkan semacam kerak berwarna putih kapur di kaca.

Sebelum saya memulai mendesain aquascape, saya browsing mengenai aquascape design dan juga cara membersihkan kerak di kaca. Dari beberapa website, menyarankan untuk menggunakan soda api. Akhirnya saya coba ke toko bangunan untuk membeli soda api. Namun, sang pemilik toko menyarankan untuk menggunakan HCl. Akhirnya saya bawa pulang yang HCl. Dan sebelum saya coba ke aquarium saya coba di kamar mandi dan toilet untuk membersihkan kerak. Dan ternyata manjur. Kerak dan noda di keramik kamar mandi hilang. Namun, bau yang ditimbulkan dari reaksi HCl cukup membuat sesak napas. Setelah puas dengan hasil HCl di kamar mandi saya baru coba ke Aquarium. Ternyata hasilnya berbeda dengan yang di kamar mandi. Kerak di kaca aquarium tetap tidak hilang. 

Akhirnya pada minggu lalu saya tetap membeli perlengkapan aquascape seperti: pasir malang 3 kantong plastik, pasir batu es (putih-putih) 1 kantong. Pada saat membeli saya juga menanyakan cara membersihkan kerak di kaca aquarium. Di aquarium penjual perlengkapan aquascape juga ada kerak jadi saya gunakan sebagai contoh untuk bertanya. Penjual perlengkapan aqurium dan aquascape menyarankan untuk menggunakan cara sederhana yaitu menggosok kerak dengan silet yang masih baru. Akhirnya setelah saya mendapat bahan aquascape keesokan paginya saya coba saran yang diberikan penjual aquarium. Hasilnya tetap kerak dapat bertahan dari semua usaha saya.
Membuat Aquascape Sendiri

Bahan yang saya beli saya tambah dengan batu sedang dan batu kecil. Kebetulan ada batu yang saya dapat beberapa tahun lalu hasil jalan-jalan kerumah saudara dan beberapa lainnya saya cari di pekarangan dan taman kota dengan 2 ponakan saya. Setelah semua bahan terkumpul, dengan terpaksa akhirnya saya mendekorasi aquascape saya dengan tetap ada kerak yang mengganggu di kaca. Saya menggunakan contoh desain yang sudah ada di internet. Ternyata setelah desain jadi saya merasa sentuhan seni yang ada belumlah maksimal. Kebetulan adik saya yang kuliah desain pulang dari Kota Malang. Akhirnya urusan desain aquascape saya serahkan pada adik. Ternyata dengan pengubahan posisi batuan sudah membuat tampilan aquascape lebih menarik dan alami. Ternyata batu besar yang ada di aquascape di tata miring dengan posisi yang tidak stabil namun disangga dengan batu sedang dan batu kecil membuat tampilan tambah menarik.

Setelah desain jadi saya isi dengan air. Ternyata keruhnya minta ampun, dan yang paling membuat keruh adalah pasir batu es. Mungkin seharusnya sebelum digunakan direndam atau dicuci dulu sehingga air tidak sangat keruh. Akhirnya setelah beberapa kali dilakukan pengurasan dan penggantian air. Tampilan aquascape menjadi menarik. Dan jadilah aquascape kami.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar