Mengganti Wiper Mobil

27 Mei 2015

Memang banyak juga orang yang lebih suka mengendarai motor dengan alasan lebih flexibel dan murah. Mengendarai mobil banyak disukai orang aplagi ketika musim hujan tiba ataupun saat panas menyengat. Mobil juga mampu memberikan keamanan lebih dari sepeda motor ketika terjadi kecelakaan. Ketika hujan pengendara mobil terus dapat melaju dengan mantap. Namun ada komponen utama mobil yang berperan penting yaitu wiper.

Banyak orang menyepelekan wiper. Memang harganya tidak terlalu mahal namun, ketika hujan tiba peranannya tidak tergantikan. Coba saja ketika hujan anda menyeka kaca mobil dengan cara manual. 
Wiper sebaiknya diperiksa secara reguler. Bila usia wiper sudah mencapai 4 bulan dengan pemakaian yang sering sebaiknya pemeriksaan lebih sering, apalagi dibagian ujung karet wiper. Biasanya sudah mulai retak dan akhirnya sobek. 

Agar wiper bertahan lama, maka perawatan perlu dilakukan. Minimal bersihkan wiper dari kotoran agar wiper tidak cepat kotor dan aus. Hindari penggunaan wiper pada cuaca extrem seperti pada saat panas menyengat ataupun pada saat dingin seperti hujan salju. Untungnya di Indonesia belum pernah turun salju. 

Ketika hujan, mobil sebaiknya juga menyalakan AC agar embun akibat perbedaan suhu di luar dan didalam mobil tidak mengganggu penglihatan pengendara. Namun, ada kalanya wiper tidak bekerja dengan benar atau macet. Apabila terjadi keadaan darurat seperti ini anda dapat melakukan tindakan yaitu mengikat ujung wiper dengan tali dan ujung tali lainya usahakan sampai ke ruang kemudi. Jadi apabila air sudah mulai membuat kaca mobil tidak jelas tarik wiper dari ruang kemudi dengan tali tersebut. Atau dapat juga anda memberikan cairan sabun pada kaca bagian luar agar air tidak sempat menempel di kaca dan segera turun dengan cepat. 

Sebaiknya cara diatas tidak perlu dilakukan kecuali terdesak, lebih baik bila anda selalu mengontrol dan merawat wiper. Apabila memang sudah waktunya atau aus segera lakukan penggantian wiper. Penggantian wiper dapat dilakukan oleh montir di bengkel kesayangan anda. Namun, bisa juga anda ganti sendiri dan menurut pengalaman saya bila kita membeli wiper di toko onderdil mobil kemudian diganti sendiri harganya selisih lumayan banyak. Selisihnya lumayan, bisa buat beli parfum mobil. Yang perlu diperhatikan saat membeli wiper blade adalah ukuran panjangnya. Jadi lepas wiper lama dan tunjukkan ke penjual ditoko onderdil. Maka penjual akan memilihkan ukuran yang benar-benar pas. Bila anda belum tahu bagaimana caranya melepas dan memasang wiper, silahkan tonton video berikut.




Tidak ada komentar: