Cara Mudah Mengubah Logo Booting di Linux (Debian)

Kamis, 11 Jun 2020

Anda tentu selalu menemui logo distro linux yang anda gunakan pada saat booting. Logo distro ini sudah didesain agar terlihat menarik pada saat proses booting maupun shutdown. Namun, bila anda ingin merubahnya, anda bisa kok melakukannya.

Anda bisa melakukan otak-atik kode booting linux sesuai dengan distro yang anda gunakan. Sebab linux yang bersifat opensource ini memberikan keleluasaan bagi anda yang ingin melakukan customisasi, pada banyak hal. Dengan catatan anda mengerti bagaimana caranya dan dimana posisinya.

Cara Merubah Logo Booting Linux

Langsung saja untuk mengubah logo booting linux debian dan turunannya anda bisa mengubahnya dengan logo buatan anda sendiri. Pada turunan debian termasuk ubuntu, pepermint, linux mint dan lainnya anda bisa menggunakan logo dengan format file .png. Kemudian anda tinggal mengikuti langkah berikut:

1. Siapkan logo anda sendiri dengan misalkan namanya logo.png
2. Silahkan akses folder /usr/share/plymouth/themes/ sebagai root
3. Temukan folder distro anda misalnya: ubuntu, mint, atau peppermint akses folder tersebut masih sebagai root
4. Temukan file logo.png didalam folder tersebut kemudian rename misalkan menjadi logo1.png 
5. Pindahkan file logo.png yang sudah anda persiapkan kedalam folder tersebut

Sampai langkah ke lima semoga anda paham, intinya file logo anda dipindah kedalam folder yang dimaksud sehingga logo anda bisa dibaca melalui path:
/usr/share/plymouth/themes/..nama distro../logo.png

Silahkan reboot komputer anda, maka logo anda sudah tampil saat proses shutdown dan booting. Demikian tulisan kali ini semoga bermanfaat.
Cara merubah Logo Booting Linux

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar