Cara Mudah Belajar Java dengan Greenfoot Tips dan Trik

Selasa, 26 Mei 2015

Di beberapa artikel terdahulu saya pernah menyinggung mengenai tool untuk belajar Java dengan menyenangkan yaitu Greenfoot. Konsep OOP (Object Oriented Programming) yang membingungkan bagi sebagaian orang, terutama bagi yang sedang belajar Computer Programming menjadi lebih mudah diaplikasikan dengan sederhana melalui tool ini.

Belajar konsep OOP yang serem, berubah menjadi menyenangkan dengan cara membuat game. Kali ini saya ingin menuliskan beberapa cara yang sering diperlukan untuk membuat game 2Dimensi di Greenfoot. 

Beberapa Cara Dasar Menggunakan Greenfoot 

Untuk menuliskan kode di Greenfoot tentu saja kita masuk kebagian koding dengan cara klik kanan pada class kemudian pilih open editor. (Klik pada gambar untuk memperbesar gambar)
Open editor untuk masuk editor kode Greenfoot
Untuk mengubah ukuran world bisa dengan mengubah ukuran super di bagian class world, gambar dibawah adalah contoh pada class beeworld
Untuk mengubah ukuran world ubah pada method yang bernama sama dengan class world

Untuk mengisi kode pada aktor dapat dimasukkan pada method void act
Void act pada aktor

Aktor dapat aksi berjalan move(), berputar atau belok turn() dan masih banyak lagi dapat dilihat dibagian dokumentasi, caranya dengan mengklik kanan method atau fungsi di editor pilih dokumentasi
Buka dokumentasi
Dokumentasi method

Melihat dokumentasi method yang lain yang siap digunakan dapat dilakukan dibagian Help
Greenfoot Class Documentation

Tips: untuk membuat gerak menjadi acak pada aktor
Tips: untuk membuat aktor bergerak dan berbalik sebelum menyentuh sisi world, tuliskan method ini di dalam editor kemudian panggil dalam method act().
Method untuk membuat aktor berbalik sebelum menyentuh sisi

Tips: untuk membuat aktor menuruti perintah keyboard dapat ditambahkan method sendiri seperti gambar dibawah. Silahkan ubah parameter maupun method sesuai kebutuhan.
Keyboard Control

Tips: untuk membuat aktor menuruti aksi klik mouse
Mouse Interaction

Tips: untuk merekam suara dapat dilakukan di menu control sound recorder
Menu sound recorder
Menu file sound recorder

Tips: untuk memanggil suara, pertama copy file suara ke folder sounds dalam proyek. Kemudian masukkan pemanggilan dengan cara berikut
Pemanggilan sound dengan methode Greenfoot.playSound('namafile.wav');

Tips: biasanya aktor walaupun sudah dikode untuk mengikuti perintah, gambar aktor tidak dapat mengikuti arah perintah. Skenarionya kita menyiapkan gambar yang menghadap atas, kanan, bawah, dan kiri. Untuk membuat aktor mengikuti perintah dengan animasi mengikuti maka kita siapkan kode sebagai berikut.
Kode animasi aktor

Tips: Mendeteksi tumbukan/sentuhan antar objek
Method untuk mendeteksi tumbukan
Memanggil method deteksi tumbukan

Tips: Setiap game lebih menarik apabila ada status menang dan kalah. Cara yang umum untuk mendeteksi menang atau kalah dapat dilakukan dengan skor. Sistem skor untuk greenfoot dapat digunakan pada game dengan menggunakan variabel static. Skripnya sebagai berikut:


Demikian beragam tips trik untuk membuat game di Greenfoot.





logoblog

1 komentar:

  1. kenapa ketika saya mau mengedit game yg sudah jadi tidak bisa membuka open editor nya.. itu knpa ya?

    BalasHapus